Tuesday, January 10, 2012

menjadi manusia daur ulang :)

Penyesalan terbesar dalam hidup adalah ketika kita tidak bisa merubah diri menjadi lebih baik -Febbi Cahya Pribadi

Hhe, pastinyalah ngga ada yang tau siapa itu dia yang quote-nya aku tulis di sini. Yaaa, kecuali orang tuanya, kakaknya, adiknya, sodara2 laennya, temen2nya, guru2nya, tukang jualan yang suka diutanginnya, sampe musuh2nya. Aku sih kenal, soalnya dia adekku yang pertama sih.. Haha :p

See? I'm one of the sweetest old sisters in the world :3 iyalah, 2 adekku yang wujudnya abstrak en ngga berbentuk itu, aku masukin semua di blog-ku secara cuma2 alias gratis! Wiiihh, suatu kehormatan besar bisa jadi orang yang aku mau dengan senang hati aku bikinin postingan khusus binti eksklusif di sini *padahal emang ngga ada bahan buat ditulis, ekekeke :p* Setelah yang pertama postingin video ngga waras Vemy Agilia Pribadi alias adekku yang paling kecil, aku sekarang posting tentang adekku yang satunya lagi. Kurang sweet apalagi, coba? Permen aja kalah sweet *iyalah, dibandinginnya ma permen jahe -_-*

Oke! :D tentunya tiap ada asap pasti ada apinya. Ho'oh, ada sebab musababnya kenapa tetiba aku mau posting soal adekku pertama who is 4 years younger than me. Soalnya pas aja, sekarang udah 2012. Taon baru, hari baru, kudu juga jadi manusia baru. Sampah aja bisa didaur ulang koq, masa manusia kaya kita ngga bisa mendaur ulang dirinya sendiri? :D *ih, suka banget ma ni kata2! Aku dapet dari salah satu narasumber Kick Andy, udah lumayan lama. Tapi unsur kekiniannya ngga akan pernah ilang deh! Halah, apa sih? :p*

Honestly, I found his quote *adekku* on his book. Bhahahah! Gegara kemaren2 itu masih pure nganggur soalnya kerjaanku kan nungguin anak2 kelar libur sekolah, mereka masuk ya baru aku masuk juga. Kemaren2 masih liburan, cocoklah nyalurin hobi isengku buat ngacak2 yang ada :D nah, waktu itu nemu aja bukunya dia tergeletak begitu saja. Aku buka, eh tau2 dong ada quote itu. Baca lagi di sebelahnya, eh tau2 dong ada cerita fiksi gitu di situ! Haha. Yep! It's actually our hobbies in making up stories, even we used to do it when we were a child :)

Ho'oh, jadi aku ma Febbi itu emang dari kecil suka en sering maen berdua. Karena ngga ada temen laen, en emang sodaraan waktu itu cuman berdua, ya udah kita berdua udah kaya sejoli aja ngapa2in selalu bareng. Maen rumah2anlah, maen boneka2anlah, maen dagang2anlah, maen jadi presenter2anlah, en segepok maen2 geje absurd laennya haha xD *dulu sempet kuatir juga, jangan2 ntar Febbi jadi banci pas udah gede gegara selalu aku ajakin maen maenan cewe mulu dari kecil -_-*

Makin gede, sekitaran aku udah kelas 6 SD, or sekitaran dia umur 7 taonan, kita berdua suka bikin komik sendiri. Dibikin sendiri, dibaca sendiri, diketawain sendiri :D *ternyata bakat scribbling aku udah ada dari dulu xD* iya, jadi ntar kalo udah jadi komik strip-nya, kita suka tuker2an saling ngebaca punya masing2. Saling ngagumin karya masing2, saling ngikik, pokonya seneeeeeeennggg banget :) *ih, tetiba pengen balik ke masa2 itu :')* ngga ada hari tanpa gambar2, maen maenan geje absurd kita -_-, en ngelakuin hal2 yang ngga kalah geje en absurd laennya cuma berdua aja. Soalnya Vemy who is 4 years younger also than Febbi *gileee, ortu guaahhh ngerencanainnya pas bener yak? Pas jaraknya 4 taonan gitu :D* ya masih kecil banget jadi belom bisa diajakin maen bareng..

Yaaaa, pokonya waktu kecil itu aku ma Febbi punya masing2 buku khusus buat bikin komik strip. Gambarku udah lumayan rapilah ya? Kalo gambar si Febbi ya masih rada ngabstrak -_- tapi dia imajinasinya lebih jalan daripada aku! Soalnya dia bener2 made up semua cerita en tokoh2nya, original gitu deh. Lah aku? Ide ceritanya ide Doraemon, dimana ada tokoh yang sangat mirip Doraemon dengan kantong ajaib en barang2 anehnya, ada tokoh Nobita yang aku gambarin sangat mirip Kobo Chan -_-, ada tokoh Suneo, Giant en juga Shizuka. Nama2nya aja yang aku ganti en penggambaran karakternya, walo cuman dikit :p Bhahahahah xD bener2 ngga kreatip yak? :p tapi kalo benda2 ajaibnya aku made up sendiri :D inget banget deh, judulnya itu Kisah Seru Chime dan Chinsi. Ambil setting Jepang, tapi nama tokoh utamanya ngga ada karakter Jepangnya sama sekali -_- en aku 100% yakin nama2 itu kecipta gegara waktu itu juga aku ma Febbi gandrung baca komik KungFu Boy ampe tamat! Tokoh utamanya Chinmi. Now you've known where I got the name Chinsi xD

Haha! Jadi pengen tau apa kabar buku komik strip kita berdua ya? :D terus ya lama2, kita berdua alih profesi jadi penulis! Ho'oh, makin gede bosen ma komik strip, akhirnya bikin cerpen2 sampe novel. En kesemuanya yaaa pastinya aku cuman ikut2an aja. Si Febbi yang selalu punya ide en trendsetter-nya :3 oia, inget banget juga pas masuk SMP aku mulai suka band2 rock, dia yang masih SD juga jadi ikut2an suka *nah, sekarang aku trendsetter-nya :D* dulu mah jaman2nya Bonanza, Disc Tarra itu berjaya ya? Aku ma dia juga selalu ngusahain ngumpulin duit jajan buat patungan sampe sekitaran 20ribu *kaset mancanegara* buat beli kaset tape band2 rock kesukaan! Bhahaahha, niat banget ya? Pokonya kalo ada keluaran baru, ya puasa deh demi ngehemat duit jajan buat beli kaset. Sekarang kaset2 itu udah pada entah kemana, hhu. *jaman dulu, piracy itu ampir2 ngga ada ya? Aku aja dibela2in ngumpulin duit jajan buat beli kaset2 original :')*

Yah, begitulah :') beneran kangen masa2 itu deh.. Sampe akhirnya masa2 itu kudu aku akhirin. Soalnya pas udah SMP, aku udah mulai sibuk sendiri. Aku ikut ekskul yang selalu bikin aku balik magrib, en cape banget, jadinya udah jarang maen bareng lagi. Sampe akhirnya aku SMA dan Febbi SMP, disitulah semuanya bermula.. Eng ing eeeeennnggg, apakah itu? Hha :p akhirnya Febbi yang sebenernya bukan anak yang bego2 banget, ngedaptar SMP 5 sama SMP 4 di pilihan 1 en 2-nya, tapi entah gimana di taon penerimaan dia ada tes lagi selaen UN yang diadainnya di skul2 yang pengen dimasukin. Semacem USM ITB or UM2 di PTN laen kalo tingkat universitasnya. Nah, gagal-lah dia disitu. SMP 5 en 4 yang notabene walo bukan SMP terfavorit Cirebon *SMP 1 dong yang paling favorit, en itu skul-ku dulu :3 sombooonngg! Haha :p* tapi skul negeri cukup terpandang di Cirebon, ngga nerima dia gegara hasil tesnya. Belingsatanlah ibuku cari skul negeri laen buat dia. Sampe akhirnya gegara skul2 negeri laennya pada jaoh2 dari rumah, dipilihlah skul swasta Muhammadiyah yang emang rada deket dari rumah..

Waktu itu, aku ngga setuju. Soalnya anak2 Muhammadiyah badung2! Buktinya apa? Skulnya di depan hotel gitu, nah dulu jaman2 SMP kalo pelajaran olahraga renang, skul-ku nyuruh renang di hotel itu. Nah, anak2 Muhammadiyah tuh pastiiiii aja suka gegodain kita2 yang kinyis2 abisan renang.. *iddiiihhh, GR tingkat super deh guaaahhh xD wakakakak* iye, pokonya sebel aja deh aku ma temen2 cewe pasti aja digoda2in gitu. Goda2in a la anak2 SMP ingusan pada jaman itu deh. Yang swiwiwit2 or piwit2 or yang tereak2 nyebutin yang pengen digodain pake ciri2 kekhususan: ooii yang pake baju meraaaaahhh! Or ooiii yang rambutnya kriwil2 botaaaaakkk! Or oooiii yang idungnya pesek! *sambil cengengesan satu sama laen* haha. Nah, makanya aku ngga setuju dia di Muhammadiyah -_-

Tapi ternyata keenggasetujuanku tuh ada dampaknya. Emang sih pas masih kelas 1, Febbi masih so far so good. Skul rajin, belajar rajin, rangking juga dapet urutan 3. Eeehh, makin tinggi kelas, dia udah mulai kendor belajar. Senengnya maen. Bolos juga suka. Pokonya ibuku selalu dipanggil ke skul dia buat ngasihtau kelakuan dia gitu deh. Iya, jaman SMP dia udah mulai jadi anak paling badung en jail gitu. Padahal dia masuk skul kecepetan setaon *dia lair 29 Februari 1992* temen2nnya mayoritas 91, tapi dia jadi ketua geng en suka bully2 anak2 yang cupu. Pffffttt -_- *gitu sih cerita dari pihak skul-nya ke ibuku* uh! Aku udah mulai sebel tuh ma dia. Abisan dia berubah banget! Ngobrol pun kita udah sangat jarang. Oia, di buku kenangan pas dia lulus SMP dia aku nemu profil dia. Dia nulis cita2: menjuarai piala dunia, dong -_-. Terus pesan en kesan: Muhammadiyah carilah murid sebanyak2nya. NGOK!! Bhahahahahaha, sarap juga xD padahal temen2 dia yang laen ngisinya normal2 aja en bener2 deh. Pffffttt x)

Hmm, puncaknya sih pas SMA. Nerusin di SMK Muhammadiyah lagi, dia tuh jadi salah satu anak paling badung jugaa tetep. Apalagi waktu itu ortuku kasih dia motor. Ternyata eh ternyata dia itu ikut2an geng motor! Motor dianeh2in, semua casing aslinya dipretelin diganti yang dari bahan plastik warna item, knalpot diganti yang berisik, daaaaannn laen2. Pokonya motor itu udah ngga berbentuk deh. Pffffttt! *ngga tau apa dia, itu juga motor boleh nyicil -_- haha* balik ke rumah juga udah bukan balik malem lagi, tapi balik pagi! Jam 3 or lebih. Skul juga pernah ditotal2 dalam satu semester dia bolos sebulan! Telat dateng ke skul juga yaaa ampir tiap hari. Hukumannya di push up dulu, tapi dia dengan entengnya jawab: ah, anggep aja olahraga. Pfffffttt -_-" pokonya bukan sering lagi namanya ibuku kudu bolak balik kena panggil skul. Motor kena tilang berkali2 gegara dia pun udah sangat sering. Nabrak orang, en kudu nanggung biaya pengobatan juga pernah 2x-an. Ngilangin hape temennya en ortuku kudu ganti juga pernah. Beuh! Bikin pusing aja deh kerjaan dia. Dia ditegur dari dimarahin, dipukulin, dihalusin, semua udah dilakuin. En ngga ada yang mempan -_- sampe suatu ketika pernah dia balik dengan mata merah, sikap aneh, ampir2 ngeracau pas malem2. Kagetlah semua, ibuku minta pakde-ku buat ngajak ngobrol Febbi, tapi masih nyambung walo rada2 ngeracau. Disuruh tes jalan, sempoyongan apa ngga, dia ngelakuin biasa aja sambil ngoceh2 'aku ngga kenapa2'. Sampe2 ibuku ngeluarin dekrit: ibu bakal selalu nolong kamu dalam keadaan apapun, kecuali kalo kamu udah terlibat narkoba! Ngga akan peduli, mau di penjara, silakan penjara sekalian.

Pffffttt! Saat itu, aku sebel banget ma ibuku. Dia emang selalu maapin segala yang dilakuin Febbi. Maklum, dia emang pengen banget anak lelaki dari jaman pertama hamil aku *ternyata aku cewe, en akhirnya aku jadi cewe kelaki2an deh sekarang -_-* tapi kalo aku protes ke ibuku jangan ngemanjain dia, eehh bakal dijawab jawaban biasa: kamu belom ngerasain jadi ibu sih.. Pfffttt cape deehh -_-*

Yaaaa, gitu deh. Pokonya segala kebadungan remaja cowo, udah dilakuin semua sama Febbi. Kelar skul *untung aja dia bisa lulus, walo ijazah sempet ketahan gegara nilai PKL dia belom masuk soalnya waktu PKL dia cuman berangkat aja dari rumah tapi ngga pernah sampe tempat PKL -_-* dia ngga mau nerusin kuliah. Katanya skul aja dia males, apalagi kul? Pfffftt! Jadilah dia lulus 2010 *sempet tinggal kelas setaon pas SMK gegara bolos mulu, tapi kelulusan dia jadi pas sama anak2 kelahiran 92 laen* kerjaannya yaaa maen2, makan, tidur, maen2, makan, tidur doang. Bener2 ngga guna deh! Sampe pada akhirnya di 2011 terjadi chaos in my family #tsah :p dia akhirnya mulai sadar. Dikit2 mulai ngurangin maen2nya, apalagi mungkin temen2nya pada berkurang semua kali ya? Pada kuliah or kerja. Dikit2 mulai berubah. En emang bener, segala sesuatu itu ada waktunya masing2 ya? Mungkin bosen ampir setaon dari dia lulus skul kerjaannya cuman gitu2 aja, akhirnya dia ngelamar2 bareng2 temen2nya laen yang udah mulai sadar en mau gawe, akhirnya September 2011 dia keterima kerja. Emang sih ngga gitu2 bagus kerjaannya, at least nerima hanya lulusan SMK aja udah bagus. Kerjaan dia mobile terus. En Alhamdulillah sampe sekarang masih jalan :)

Sampe akhirnya aku nemu quote dia yang dia pasang di bagian depan novel sains fiksi yang dia karang *udah kaya buku yang mau diterbitin aja :p oia, novelnya keren juga. Pokonya tentang perkumpulan rahasia luar negeri yang pake agent2 gitu. Daya imajinasi dia ngga berkurang juga walo udah gede hehe* ya isinya tadi itu: Penyesalan terbesar dalam hidup adalah ketika kita tidak bisa merubah diri menjadi lebih baik..

Iya! Sampah aja bisa didaur ulang koq.. Masa kita ngga bisa ngedaur ulang diri kita sendiri? :) sekelam, seburuk, sehitam, sepait, segetir, seenggaenaknya masa lalu, itu tetep cuman masa lalu. Kita ngga akan pernah kembali ke sana. Seindah, semenyenangkan, sebahagianya masa lalu, tetep juga cuman masa lalu yang ngga akan pernah bisa diputer ulang persis sama bisa kejadian lagi! Jadi, ambil yang baik2nya, jadiin pelajaran yang buruk2nya biar ngga keulang lagi di saat ini. Kita hidup cuma di hari ini koq. We live today only! Ngga usah nangisin, nyeselin, tenggelam di masa lalu or terlalu khawatir tentang masa depan. Karena kita hidup cuma di hari ini, saat ini, do the best always for today! Selalu usaha buat jadi orang yang lebih baik, lebih baik dan lebih baik terus tiap saat :) oia keingetan juga masa2 PLA alias PKL di Rumah Cemara *yang suka nonton Kick Andy pasti pada tau Rumah Cemara :p* juga yang bikin aku sadar akan hal ini. Kita bisa koq ngedaur ulang diri kita sendiri. Penghuni Rumah Cemara semuanya mantan pecandu narkoba en sekarang mereka udah bersih semua. Bisa bikin foundation yang udah ngeharumin nama Indonesia di Homeless World Cup 2011 di Paris, acara turnamen sepakbola sedunia buat para ODHA en mantan pecandu, bahkan menangin turnamen itu. Iya, di Rumah Cemara 90% personilnya tuh ODHA alias orang dengan HIV/AIDS. Pernah gabung di sana, bikin aku semakin sadar: hidup itu tentang berbagi, hidup itu tentang pengupayaan diri untuk menjadi terus menerus selalu lebih baik..

Yep!! Febbi can do it. He can do it. She can do it. They can do it. Martha can do it. Tom can do it. YOU can do it! I also can do it. WE CAN DO IT (: semangat menjadi pribadi yang lebih baik..

*dedicated to: Febbi Cahya Pribadi, you'll gonna be my little brother always! We are family :)

No comments:

Post a Comment

Marilyn Manson 3