Saturday, October 16, 2010

totalitas! *dari sang dosen*

dua hari lalu dapet kelas Pelatihan Penulisan Skripsi. sang dosen kebetulan S3 yang notebene udah terkenal ma 'hahah~heheh domination learning program'-nya dan keSLENGEANnya kalo ngajar. yaaa, kurang lebih sih program belajar yang lebih banyakan intermezzo-nya daripada belajar benerannya. contohnya gini: baru aja 5 menit nerangin materi, trus tiba2 di tengah materi dia bilang: "oh iya, ada satu cerita..". dan akhirnya mengalirlah cerita2 yang sebenernya gak pernah ada hubungannya ma materi yang lagi diterangin. biasanya yang kayak gitu lebih sering muncul di contoh2 materi yang lagi diterangin, dan lebih sering berakhir dengan gak nyambung dan "ya, begitulah". akhirnya ninggalin persepsi masing2 di benak mahasiswanya. dan waktunya bisa 15 menitan sendiri! tar abis itu nerangin 5 menit, intermezzo lagi 15 menit. yaa, aku sih seneng2 aja, itung-itung penyegaran otak di tengah kepenatan aku yang selalu belajar terus.. tsah! *boong tingkat dewa*

kadang aku suka aneh sendiri *aneh? -__-""* terus suka bertanya2 sendiri juga, "ni dosen beneran lulusan S3 gak sih? kalo gak, koq bisa2nya dia nyandang tu titel sambil trus ngajarin mahasiswa yang gak cuman S1 aja di universitas aku? kalo iya, pastinya tu dosen abis lulus S3 kepalanya kepentok apaan tau pe akhirnya 'otak'nya rada2 gimana gitu?" abisan, pola pikir dia tuh beda banget ma dosen2 kebanyakan aku yang laen. dia tuh slengean, santai, kliatan gak kayak seorang Doktor lulusan universitas luar negeri, tapi di 'hahah~heheh learning program'-nya (sekarang disingkat HHLP) sering banget aku dapet 'materi2' yang gak bakal aku dapetin di kelas dan dengan dosen manapun. gimana nggak? dia itu sekuler yang pola pikirnya 'beda' dengan cara penyampaian ideologinya yang 'cuek' abis. santai sesantai2nya, Jek! haha.

kayak waktu pelatihan itu -yang akhirnya bisa aku simpulin kalo waktu itu aku bukan lagi pelatihan penulian skripsi, tapi lagi nonton lawak. ketawa mulu sih..- tu dosen mulai dengan  5 menit pertamanya ngebuka kelas agak2 serius. ngebahas slide power point-nya, teratur, mengalir, rapi. tapi di menit ke-6, mulai masuk deh ke HHLP. dari yang pertama cuman bikin nyengir2 meringis gak jelas malu2 gitu, ampe bisa bikin yang ngakak pe guling bantal jadi korban. ngocak pisanlah, pokonya sih! tapi akhirnya tu dosen mulai ngeluarin 'materi' langka ini: ngomongin totalitas. gara2nya acara yang dirancang jam 7 pagi, dia dateng jam 7 teng *termasuk aku, hoho* tapi masih banyak mahasiswa yang dateng pe lebih dari 45 menit telatnya. dia bilang sih itu nganggep remeh kelas ini, soalnya emang bukan kelas matakuliah. akhirnya mulailah dia dengan 'doktrin'-nya itu..

totalitas. katanya, ini nih yang belom dipunyain ma orang indonesia. ngelakuin apa2 gak pernah total. contohnya, lagi kuliah ingetnya liburan, pas lagi liburan ingetnya kuliah. ya tugas2 yang belom kelarlah, nilai2 yang belom keuruslah, bla bla bla. waaahh, kapan nikmatnya idup kalo begitu terus? makanya kita tuh kalo lagi nglakuin sesuatu mesti total. totalitas buat ngelakuin sesuatu yang udah kita buat komitmennya di awal2, harus bener2 diaplikasi-in. kalo kita pengen idup bahagia..

haha. bener banget. eksplanasinya sih sederhana banget, tapi ngelakuinnya susaaah banget. kayak kalo mu bikin tugas (lets say skripsi, bcuz it becomes my concern now. tee-hee) udah buka laptop, buku di depan mata, eh gara2 liat mouse nganggur jadilah buka game dulu. maen game yang tadinya pn cuman 10 menit aja, jadilah berjam2 dan akhirnya laporan tertunda dengan kata2: besok lagi ah, cape..
ato gak, udah buka laptop, colok modem niat buat bahan laporan dari dunia maya, eh tau2 malah FB-an dulu ahh barang 15 menit. dan pasti ujungnya ketebak: FB-an berjam2 dan kata2 'tugasnya besok lagi ah' jadi pamungkas buka laptop saat itu. wah, ya gak bakal beres2 dong kan ya? makanya totalitas itu perlu. saat lagi ngerjain suatu hal, ya udah TOTAL ma kerjaan itu aja. kalo lagi kerja, jangan mikirin pen cepet2 istirahat, tar pas istirahat malah mikirin kerjaan. sungguh menyia2kan keindahan hidup! *cenah.. hehe.

totalitas, prioritas. biar cepet mentas dah.. :D


*langsung ngacir matiin koneksi internet, inget ma proposal skripsi yang masih salah2 dan belom ke-edit*

2 comments:

  1. totalitas...bener tuh.
    tp untuk skripsi, totalitas saya gak ada sama sekali...hahahaha

    ReplyDelete
  2. huahahahah~
    ya jangan gitu dong Fel..
    *padahal yang nulis juga sama*

    ReplyDelete

Marilyn Manson 3