Friday, November 5, 2010

wah, idup itu UANG ya?

iyalah, gimana nggak? coba itu liat ke seluruh negara di dunia, ukuran layak apa nggaknya idup warga negara tuh diliatnya darimana? dari 'garis' doang. iya, GARIS KEMISKINAN. yang idup dalam kategori 'di bawah garis kemiskinan' ya dianggep gak idup layak (bukan gak layak idup, ya?). tragis! udah mah nyakitin hati dapet predikat gitu, ukurannya juga cuman perkara 'garis' doang..

iya kan? kalo orang udah disebut idup gak layak, lama2 mereka tuh: gak layak idup.
jelas lah..
orang idup kan butuh makan, beli makan butuh uang. kalo idupnya aja udah dijudge 'di bawah garis kemiskinan', mereka itu cari uang untuk makan butuh KERJA KERAS. pontang-panting gak keruan. banting tulang banting daging. cape ngos2an. dapet uang buat beli makannya gak seberapa, energi yang dikeluarin gila2an, gak heran banyak kecelakaan kerja terjadi (banyak juga yang mati) lantaran kendornya konsentrasi akibat kurang gizi! waaaaaaaaaaaaa~

lagi.
ah, tapi langsung inti aja: yang miskin yang SELALU jadi korban, ternyata! ada bencana alam yang sama sekali bukan kehendak siapapun, kecuali The God Almighty, yang miskin yang JADI korban. ada tabung gas mleduk trus ngebakar rumah yang katanya gara2 kualitas tabungnya yang jelek, yang miskin yang JADI korban. ada banjir bandang yang katanya gara2 hutan udah pada gundul, yang miskin yang JADI korban. ada inflasi ekonomi yang katanya dampak krisis global, yang miskin yang JADI korban. ada free trade yang katanya artinya tuh pasar bebas, yang miskin yang bakal JADI korban. masa bahkan kalo ada pemilu juga, yang miskin lagi yang mau JADI KORBAN?

buat aku, semua tadi ujungnya gak jaoh gara2 yang namanya U.A.N.G...
toh kalo yang miskin udah gak miskin lagi alias punya uang (banyak), hal2 kayak gitu gak akan tuh menimpa mereka. emangnya pernah liat orang2 kaya yang jadi korban gara2 hal2 yang aku sebutin di atas? ah, aku gak yakin..
kalo kena bencana, rumah mereka kan gak cuman 1, bisa 'ngungsi' ke rumah2 mereka yang laen. tabung mleduk? gak mungkin, kan gak level gituloh masak pake tabung 3kg. kebanjiran gara2 hutan gundul? ow oww, yang sering ngegundulin emangnya siapa?? *pura2 tanya*. kalo inflasi, tenang aja tabungan masih ber-dollar2. apalagi cuman ada free trade doang, malah makin semangat belanja! haha. pemilu?? hmmm, rame ya kalo pemilu? pada sibuk calonin diriiii, deh.. PHEW!

iya. uang.
sadar gak sih kayaknya kita2 gak bisa apa2 tanpa UANG buat idup? nggak usah ngomongin buat hal2 yang pokok deh (buat makan, pakaian, tempat tinggal). hal2 yang sifatnya 'hedon' alias keduniawian juga tiba2 jadi 'hal pokok' di jaman sekarang. orang2 jadi konsumtif. nggak muna deh aku, contohnya aja kalo pulsa buat internetan abis masa aktifnya, mau ngutang dulu kek pasti aku jadiin demi bisa internetan lagi. contoh kecil tuh. mungkin yang laen bisa lebih 'hedon' lagi? hehe. :P

ya, itu. see what i mean? jadi seolah2 uang ngontrol idup kita. mungkin bisa dibilang, idup ya uang. nggak punya uang? siap2 kegilas. siap2 menderita. siap2 nggak keren. siap2 JADI KORBAN.

waduh..

ah, jadi serem sendiri.. *ngebayangin idup kita dikontrol uang, uuhh amit2 deh*

2 comments:

  1. luapan emosi penulis tampak kental disini.
    bener sih Lint, emg nyata seperti yg kamu gambarkan, hanya saja mereka adalah orang2 yg kuat karena tetap memberikan "senyum" mereka bagi dunia yg kelam ini. :)

    so, let's singing together
    "when LIFE leaves us BLIND, LOVE keeps us KIND"

    ReplyDelete
  2. heu..
    bener tuhh..
    gimana ya? kesel ma 'uang' aja sihh..
    siapa sih yang nyiptain uang? :p

    dan jangan pernah hidup kita dibutakan dan dikontrol uang!! :DD

    when life leaves us blind, love keeps us kind.. :)

    ReplyDelete

Marilyn Manson 3